Pengertian Internet,Manfaat dan Sejarahnya

Bookmark and Share


Pengertian Internet,Manfaat dan Sejarahnya - Sebelum kita Mengenal Internet, kita harus tahu dulu Pengertian Internet,Manfaat Internet, dan Sejarah Internet.


A.  Pengertian Internet
      Internet (Interconnected-netwaork ) merupakan sekumpulan jaringan yang menghubungkan berbagai macam situs. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan seluruh Dunia.
   
      Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protocol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol standar pada Internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

      Layanan internet memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat karena menawarkan beberapa daya tarik atau keunggulan dibandingkan media lain. Keunggulan tersebut, antara lain sbb :
- Komunikasi Murah
- Sumber Informasi yang bervariasi
- Tantangan baru untuk berusaha
- Keterbukaan
- Jangkauan yang tidak terbatas.

B.  Manfaat Internet
     Banyak kegunaan yang menguntungkan yang didapatkan dari internet dalam semua bidang (bisnis,akademis,pemerintahan,organisasi,dan sebagainya). Kegunaan internet tersebut dapat diuraikan sbb:

a.)    Internet Sebagai Media Informasi dan Komunikasi
               Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain, yaitu informasi yang didapatkan lebih murah, cepat, dan murah dengan jangkauan global.
b.)    Internet Sebagai Media Promosi
               Saat ini internet bukanlah hal yang baru di dunia bisnis dan bukan hal baru pula jika internet digunakan sebagai Media Promosi. 40 % perusahaan di Indonesia saat ini sudah memanfaatkan jasa Internet untuk memasarkan produk-produk mereka ke berbagai kota dan luar negeri. Kekuatan Internet untuk promosi sungguh sangat luar biasa karena karena dapat menjangkau calon pelanggan atau konsumen di manapun berada tanpa batasan waktu dan wilayah.
c.)     Internet Sebagai Media Komunikasi Interaktif
               Dengan internet, orang dapat melakukan pertukaran Informasi yang jauh lebih sempurna dan lengkap. Contoh penggunaan internet sebagai media Komunikasi Interaktif adalah dengan adanya e-mail, video conference, IRC (Internet Relay Chat), dan Internet Phone.
d.)     Internet Sebagai Media Pertukaran Data
               Perkembangan teknologi web saat ini mengakibatkan pertukaran dan pengaksesan informasi dan pertukaran data semakin mudah dan cepat. Internet (lebih spesifik,web) menyediakan fasilitas penelusuran dan pertukaran informasi yang tersedia, tanpa dibatasi waktu dan dapat dilakukan oleh siapa saja yang terhubung dengan jaringan.

C.  Sejarah Internet
      Berikut sejarah dan latar - belakang perkembangan Internet :

a. ARPA ( Advanced Research Projects Agency ) didirikan AS(Amerika Serikat) pada tahun 1958 untuk mengarahkan proyek dalam bidang riset dan perkembangan
b. Bulan Maret tahun 1960 diterbitkan Man-Computer Symbiosis oleh Joseph Licklider
c. Tahun 1962 AT & T mulai mengomersilkan modem bell 103 , kemudian diterbitkan On-Line Man-Computer Communication yang membahas konsep Galatic Network
d. Tahun 1965 Ted Nelson mencetuskan istilah "hypertext" yang kemudian tercipta sebuah perintah mail.
e. Tahun 1969 Departemen Pertahanan AS, DARPA (Defense Advanced Research Agency) bekerja sama dengan BBN ( Bolt, beranek dan Newman) untuk membuat riset yang disebut ARPAnet. ARPAnet            ( Advanced Research Project Agency), sebuah bagian dalam kementerian pertahanan AS memulai sebuah proyek,yang di satu sisi menciptakan jalur komunikasi yang tak dapat dihancurkan dan di sisi lain memudahkan kerja sama antarbadan riset di seluruh Negeri, seperti juga industry senjata. maka terbentuklah ARPAnet.
f. Tahun 1970 pengguna ARPAnet berkembang pesat.
g. Tahun 1972 , Roy Tomlinson menyempurnakan program e-mail.
h.. Tahun 1972 ikon @ diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan "at" atau "pada"
i. Tahun 1973 jaringan ARPAnet mulai dikembangkan di luar AS
j. Tahun 1973, Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan gagasan lebih besar yang menjadi cikal bakat pemikiran Internet. Vinton dikenal sebagai "Bapak Internet"
k. Tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin menciptakan Newsgroups pertama yang disebut USENET.
l. Tahun 1982 dibentuk TCP ( Transmission Control Protocol) dan IP ( Internet Protocol)
m. Tahun 1992 diluncurkan WWW ( World Wide Web ) oleh CERN (Laboratium Fisika Partikel di Swiss).
n. Tahun 1994 Indonesia tersambung dengan layanan internet Komersil
o. Tahun 1995 sampai 2005 diperkirakan 1 milyar penduduk telah tersambung ke Internet.

Busyet capeknya ....Semoga Bermanfaat Sob!!!
http://arif-bloggers.blogspot.com

{ 3 komentar... Views All / Send Comment! }

Uzumaki-Lover mengatakan...

Thanks infonya... Ini pelajaran TIK waktu aku kelas 9 SMP dulu.. :D hehe..
Ditunggu kunjungan baliknya n follow blogku yach.. ;)

Unknown mengatakan...

Gak ada shoutmix sob?,, wa tinggalin di sini aja ya pesannya :),,
cuma mo ngasi tau following sukses,, :D

Toko Online Ramuan Madura mengatakan...

wah mantaaap.

Posting Komentar

Jika ada Komentar/kritik bisa ditanyakan!!
..
Pliz DoN't be SPAmmeR's...!!

Info Arif

free counters
Free counters

Pageview

Diberdayakan oleh Blogger.